Langsung ke konten utama

Tips Memilih Ban Motor yang Tepat

 

  5 Tips Memilih Ban Motor yang Tepat

Ban motor menjadi salah satu komponen motor yang yang sangat penting untuk diperhatikan agar tetap terawat, awet dan tahan lama. Salah satu cara yang sangat tepat untuk dilakukan adalah melakukan pemilihan model dan jenis ban yang tepat sebagai langkah awal dalam perawatan ban motormu. Mau tau bagaimana caranya? Berikut ini adalah lima tips memilih ban motor baru yang tepat agar awet dan tahan lama. Simak baik-baik ya

1. Pilihlah ban dengan permukaan telapak yang sedang


Saat memilih ban motor baru untuk mengganti ban motormu, sebaiknya pilihlah ban dengan jenis tapak menengah. Bukan berarti ban dengan lebar telapak kecil seperti yang digunakan oleh anak-anak muda saat ini ya. Karena ban ini tidak menyedot tenaga mesin secara berlebih dan menjadikan motor lebih lincah bermanuver.

2. Pilihlah motif atau profil ukiran ban yang tepat untuk motormu

Motif ukiran pada ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melintasi berbagai karakter jalanan, baik basah maupun kering. Untuk itu, lebih baik untuk menggunakan ban dengan motif atau profil ukiran searah. Ukiran ban produksi pabrikan searah yaitu miring atau menyamping dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang.  Hal itu agar ban mampu menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan. Dengan begitu, maka motormu akan tetap stabil dan pengendara tidak kehilangan kendali.

3. Pilihlah jenis ban yang kering atau basah


Berkaca pada karakter iklim di Indonesia yang tropis dengan perbandingan musim hujan dan kering yang seimbang, maka kamu sangat disarankan untuk menggunakan jenis ban basah. Ban jenis itu masih memiliki daya cengkram yang tinggi ketika hujan mengguyur bumi dan jalanan dipenuhi genangan air serta memiliki tingkat grip yang tinggi di lintasan kering.

4. Pilihlah ban yang sesuai dengan ukuran velg

                                                              
Hal lain yang harus benat-benar untuk diingat adalah jangan pernah menggunakan ban yang tidak sesuai dengan ukuran velg motormu. Apabila memang kamu ingin menggunakan velg atau ban yang berukuran lebih besar dari ukuran ban dan velg standar pabrik pada motormu, maka sebaiknya tidak lebih dari dua inci ya. Hal ini dikarenakan pada umumnya produsen sepeda motor masih memberikan toleransi perubahan ukuran ban dan velg yang besar.

5. Perhatikan reputasi dari merek ban yang akan dipilih

Saat ini terlalu banyak produsen ban yang gencar mempromosikan bahwa produk merekalah yang merupakan produk terbaik. Untuk itulah kamu sangat dianjurkan untuk memilih merk ban yang sudah teruji baik nasional ataupun internasional karena reputasi dan kualitas produknya pasti sudah teruji dan terbaik.
Nah, itulah 5 tips memilih ban motor baru yang tepat agar awet dan tahan lama. Jangan sampai salah pilih ya!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Belanja Sepatu OnLine

Sebagai salah satu barang yang paling sering dibeli secara online, sepatu tetap memerlukan perhatian khusus ketika akan membelinya. Belanja online sepatu terkadang memang susah-susah gampang. Apalagi kalau membelinya dengan cara online. Karena pasti hanya bisa melihat foto-fotonya saja, tanpa bisa mencoba dan merasakan produknya.

Karena itu, sebelum membeli perlu benar-benar teliti dan cermat saat akan memilih sepatu yang paling tepat. Bahkan, meskipun fotonya sudah menunjukkan gambar sepatu yang sama persis seperti aslinya, tetap saja belum bisa dirasakan langsung kenyamanannya.

Meski demikian, jutaan orang tetap senang berbelanja sepatu online hingga sekarang. Karena mereka memang menikmati keuntungannya. Salah satunya adalah, calon pembeli bisa mencari model sepatu apapun dengan sanati sesuai apa yang diinginkan. Sebab, yang rerkadang sulit didapatkan di toko atau mall, semuanya ada di toko online. Jadi, pilihannya benar-benar tidak terbatas.

Belum lagi, kalau ada penawaran menari…

Tips MenDesign Rumah Panggung

Tips Sehat Dengan Kopi Tanpa Ampas

Kabar gembira untuk pencinta kopi. Menurut penelitian terbaru, kopi dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Internal Medicine itu mengungkapkan manfaat tersebut tergantung dari cara Anda meracik kopi.
Ternyata kopi yang disaring atau tanpa ampas jauh lebih bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Temuan dari Chalmers University of Technology dan Umea University di Swedia, menggunakan metode baru untuk membantu membedakan antara efek kopi yang disaring dan kopi rebus. Kesimpulannya, kopi disaring lebih sehat bagi mereka yang berisiko.
“Kami telah mengidentifikasi molekul spesifik ‘biomarker’ dalam darah pencinta kopi dari asupan berbagai jenis kopi. Biomarker ini kemudian digunakan untuk analisis ketika menghitung risiko diabetes tipe 2,” kata peneliti studi Rikard Landberg, Profesor di Universitas Umea seperti dilansir dari NDTV, Kamis (19/12).
Hasilnya menunjukkan bahwa kopi yang disaring memiliki efek p…