Langsung ke konten utama

Tips Sehat Bugar Saat Liburan




Liburan membuat kita bersenang-senang bersama keluarga. Otomatis, berburu kuliner lezat tinggi garam, gula, dan lemak mewarnai musim liburan. Eits, kalau tidak dikendalikan, penyakit bisa mengancam lho.
Apalagi bagi mereka yang sudah punya riwayat penyakit kronik. Berbagai penyakit kronik umumnya cenderung akan mengalami kekambuhan setelah liburan usai.
Apalagi banyak resto atau hotel yang menyediakam menu ‘All you can eat’ dengan harga relatif murah. Hidangan makanan juga banyak yang mengandung santan dan mengandung lemak. Berbagai minuman kaleng yang bersoda atau minuman kemasan menjadi minuman favorit selama liburan.
Menu ini bisa menyebabkan penyakit mengalami kekambuhan. Pasien dengan penyakit kencing manis akan cenderung gula darahnya menjadi tidak terkontrol. Pasien dengan penyakit darah tinggi tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol. Pasien dengan hiperkolesterol atau asam urat tinggi maka keadaan kolesterol dan asam urat tingginya menjadi bertambah parah.
“Kalau pasien yang sudah obesitas, makan enak selama liburan dan kurang gerak akhirnya berat badannya bertambah pasca liburan. Usahakan tetap cek berat badan saat liburan jika memungkinkan,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB kepada JawaPos.com, Minggu (29/12).
Antisipasi kekambuhan dan munculnya berbagai penyakit selama dan pasca liburan merupakan hal yang penting. Maka dr. Ari memberikan tipsnya.
1. Kualitas Makanan dan Minuman
Perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut. Food safety masih masalah karena pengawasan yang rendah dari pemerintah.
2. Jumlah Kalori
Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.
3. Batasi Lauk
Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa camilan dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar.
4. Hindari Camilan Berlemak
Hindari camilan yang mengandung coklat, keju dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.
5. Jangan Sampai Dehidrasi
Cukup minum penting selama liburan apalagi jika melakukan perjalanan jauh. Minum lebih dari 2 liter per hari baik untuk tubuh terhidrasi.
6. Jangan Lupa Serat
Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 kali saat makan pagi, siang dan malam dan di sela-sela makan tersebut.
7. Jangan Lupa Olahraga
Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak, manfaatkan waktu-waktu lengang saat liburan dengan bergerak dan melakukan aktifitas olahraga.
8. Istirahat Cukup
Usahakan tidur minimal 6 jam agar tubuh tetap bugar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengelola Keuangan Bisnis

Tips Belanja Sepatu OnLine

Sebagai salah satu barang yang paling sering dibeli secara online, sepatu tetap memerlukan perhatian khusus ketika akan membelinya. Belanja online sepatu terkadang memang susah-susah gampang. Apalagi kalau membelinya dengan cara online. Karena pasti hanya bisa melihat foto-fotonya saja, tanpa bisa mencoba dan merasakan produknya.

Karena itu, sebelum membeli perlu benar-benar teliti dan cermat saat akan memilih sepatu yang paling tepat. Bahkan, meskipun fotonya sudah menunjukkan gambar sepatu yang sama persis seperti aslinya, tetap saja belum bisa dirasakan langsung kenyamanannya.

Meski demikian, jutaan orang tetap senang berbelanja sepatu online hingga sekarang. Karena mereka memang menikmati keuntungannya. Salah satunya adalah, calon pembeli bisa mencari model sepatu apapun dengan sanati sesuai apa yang diinginkan. Sebab, yang rerkadang sulit didapatkan di toko atau mall, semuanya ada di toko online. Jadi, pilihannya benar-benar tidak terbatas.

Belum lagi, kalau ada penawaran menari…

Tips MenDesign Rumah Panggung